Selasa, 18 Oktober 2016

Perkembangan Dan Pertumbuhan Kebudayaan Di Indonesia



Berbicara tentang kebudayaan Indonesia yang ada dibayangan kita adalah sebuah budaya yang sangat beraneka ragam. Bagaimana tidak, Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia, hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki kebudayaan yang beraneka ragam. Kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan mengintepretasi lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedoman bagi tingkah lakunya. Suatu kebudayaan merupakan milik bersama anggota suatu masyarakat atau golongan social, yang penyebarannya kepada anggota-anggotanya dan kepada generasi berikutnya dilakukan melalui proses belajar dengan menggunakan symbol-simbol yang terwujud dalam bentuk yang terucapkan maupun yang tidak. Dengan demikian setiap anggota masyarakat mempunyai suatu pengetahuan mengenai kebudayaan tersebut yang dapat tidak sama dengan anggota-anggota lainnya. Kebudayaan yang dimiliki oleh suatu bangsa merupakan keseluruhan hasil cipta, karsa, dan karya manusia. Indonesia sendiri sebagai Negara kepulauan dikenal dengan keberagaman itulah menunjukkan betapa pentingnya aspek kebudayaan bagi suatu Negara. Karena jelas bahwa kebudayaan adalah suatu identitas dan jati diri bagi suatu bangsa dan Negara. Proses perkembangan budaya dapat terjadi melalui penetrasi. Penetrasi kebudayaan adalah masuknya pengaruh kebudayaan ke kebudayaan lainnya. Penetrasi kebudayaan dapat terjadi dengan dua cara yaitu penetrasi damai dan penetrasi kekerasan
·   Penetrasi Damai
Merupakan proses masuknya sebuah kebudayaan dengan jalan damai. Misalnya, masuknya pengaruh kebudayaan Hindu dan Islam ke Indonesia. Contoh lainnya seperti kebudayaan India dan kebudayaan Arab. Selain itu, banyak pula yang masuk bersama perantau-perantau Tionghoa yang dating dari daerah selatan Tiongkok dan menetap di Nusantara. Mereka menetap dan menikahi penduduk lokal yang menghasilkan perpaduan yang kebudayaan Tionghoa dan lokal yang unik. Kebudayaan seperti inilah yang menjadi salah satu akar daripada kebudayaan lokal modern di Indonesia. Penerimaan kedua macam kebudayaan tersebut tidak mengakibatkan konflik tetapi memperkaya khasanah budaya masyarakat setempat. Pengaruh kebudayaan inipun tidak menghilangkan unsur-unsur asli budaya masyarakat.
·   Penetrasi Kekerasan
Masuknya sebuah kebudayaan dengan memaksa dan merusak. Contohnya, masuknya kebudayaan barat ke Indonesia pada zaman penjajahan disertai dengan kekerasan sehingga menimbulkan goncangan-goncangan yang merusak keseimbangan dalam masyarakat. Wujud budaya dunia barat antara lain adalah budaya dari Belanda yang menjajah selama 350 tahun lamanya. Budaya warisan Belanda masih melekat di Indonesia antara lain pada sistem pemerintahan Indonesia. Kebudayaan Indonesia dapat kita klasifikasikan menjadi dua garis besar yaitu : kebudayaan klasik dan kebudayaan modern.
            Kebudayaan klasik di Indonesia terjadi pada masa kerajaan-kerajaan di Indonesia. Dilihat dari aspek kebudayaan klasik, Indonesia bisa dibilang mengalami masa kejayaannya pada masa kerajaan majapahit. Pada jaman dahulu,kerajaan majapahit adalah kerajaan terbesar di Indonesia yang berpusat di jawa timur pada masanya, yang Kekuasaannya terbentang di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur.
Arsitektur
Majapahit memiliki pengaruh yang nyata dan berkelanjutan dalam bidang arsitektur di Indonesia. Penggambaran bentuk paviliun (pendopo) berbagai bangunan di ibukota Majapahit dalam kitab Negarakretagama telah menjadi inspirasi bagi arsitektur berbagai bangunan keraton di Jawa sertaPura dan kompleks perumahan masyarakat di Bali masa kini.
Puisi lama
Serat Darmagandhul, sebuah kitab yang tidak jelas penulisnya karena menggunakan nama pena Ki Kalamwadi, namun diperkirakan dari masa Kasunanan Surakarta. Kitab ini berkisah tentang hal-hal yang berkaitan dengan perubahan keyakinan orang Majapahit dari agama sinkretis "Buda" ke Islam dan sejumlah ibadah yang perlu dilakukan sebagai umat Islam.
            Kebudayaan modern di Indonesia dimulai setelah kemerdekaan bangsa Indonesia Kemajuan teknologinya pun juga mengalami kemajuan yang pesat, seperti kita berhasil membuat pesawat buatan sendiri dan teknologi lainnya. Kita juga mempunyai keanekaragaman budaya yang bervariasi dan khas di setiap daerah serta kesenian-keseniannya. Secara agama meskipun kita mempunyai 5 agama yang berbeda tetapi kita dapat hidup rukun dan damai satu sama lain.
Perkembangan Budaya Indonesia Saat Ini
Seiring dengan kemajuan peradaban dan teknologi, perkembangan kebudayaan indonesia terus menurun.Banyaknya budaya asing yang terus masuk ke Indonesia lewat arus globalisasi membuat Budaya ketimuran yang dimiliki oleh rakyat Indonesia menjadi luntur bahkan hilang.kebudayaan pada zaman sekarang sudah jauh berbeda dengan budaya Indonesia sebelumnya, seperti pada Budaya barat yang sekarang terus meengkikis kebudayaan asli Indonesia sendiri, sebagai contoh: Tidak adanya rasa kepatuhan terhadap adat yang mulai dilupakan,sikap tidak hormat yang ditunjukan oleh anak dengan melawan orang tua, budaya sungkeman sudah dilihat jarang, budaya ketimuran yang telah hilang ditandai  dengan berpacaran remaja yang berlebihan dan tidak mengenal etika hingga berimbas kepada sex bebas. Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan budaya tetapi karena semakin gencarnya budaya asing masuk ke indonesia,banyak rakyat rakyat yang mulai melupakan budaya daerahnya sendiri. Bahkan yang lebih parah adalah masyrakat luar negri yang lebih mengenal budaya daerah di Indonesia dan mereka membawanya ke negaranya sendiri serta dijadikan hak milik oleh mereka.


Sumber :
http://puspitaavielzah.blogspot.co.id/2013/01/perkembangan-budaya-indonesia-saat-ini_14.html
http://melinmelinda49.blogspot.co.id/2013/01/perkembangan-kebudayaan-indonesia_13.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar